Karakter, Jenis dan sifat kucing yang misterius membuat orang terpesona sekaligus menakutkan. Dimana kucing ditakuti karena bisa membawa kesialan atau pertanda buruk dan dipuja-puja karena membawa keberuntungan. Berikut beberapa mitos, cerita dan kepercayaan yang berhubungan dengan kucing menurut kepercayaan Orang/masyarakat Jawa.
Jika ada Kucing yang:
kucing hitam puith, Kucing Hitam Mulus, Kucing Sanggabuana, Kucing Putrakajantaka, Kucing Bramapati, Kucing candramawa, Kucing bulu kembang asem, kucing empat kaki hitam winataba, kucing kusumawibawa, kucing hitam tembong putih Wulantumanggal, kucing jamamengku
Kucing Sanggabuana
  1. Berbulu putih dan pada bagian dada sampai punggung ada warna hitam (tembong) namanya Sanggabuana; tidak baik, yang memelihara selalu menderita sakit.
  2. Berbulu hitam mulus dan panjang ekornya namanya: Putrakajantaka, tidak baik, berwatak selalu menumpahkan darah si pemelihara, sering memperoleh kematian dan kesusahan yang bermacam-macam.
  3. Berbulu kembang asem, panjang ekornya/budel, namanya Bramapati; tidak baik, yang memelihara sering kehilangan dan boros. Akan tetapi jika bundle ekor tersebut berwarna bule ada juga baiknya, walau yang memelihara boros , berwatak menuntut pada kebaikan.
  4. Kucing yang berbulu apa saja, tetapi jika dibagian kepala, dada serta punggungnya ada usar-usarnya namanya:Candramawa amat baik, si pemelihara akan memperoleh keuntungan serta kemuliaan.
  5. Kucing yang bisu, berwarna apa saja namanya: Wisnutapa. Baik, yang memeliharanya akan tercapai segala yang diinginkannya dan mendapat keselamatan.  
  6. Kucing yang ke empat buah kakinya berwarna hitam, namanya : Winataba. Baik, yang memelihara memperoleh keselamatan.
  7. Kucing yang telapak kakinya dapat sampai ke kepala, namanya: Kusumawibawa. Baik, yang memelihara banyak memperoleh rejeki.
  8. Kucing yang berwarna hitam, lambung kiri tembong putih, namanya: Wulantumanggal. Baik, se pemelihara akan memperoleh apa yang diinginkan dan memperoleh keselamatan.
  9. Putih warnanya, kepala sampai dada daler hitam, namanya: Janggamengku, Baik, si pemelihara akan memperoleh banyak keuntungan dan akan memberi keselamatan.
Diharapakan setelah baca artikel ini anda tidak takut lagi dengan kucing dan anda sudah tahu mana kucing yang bisa anda pelihara dan mana kucing yang sebaiknhya tidak anda pelihara. Dan bila anda tidak memelihara kucing, tapi kedatangan kucing jangan langsung diusir atau disiram air sebaiknya anda ketahui tingkah laku kucing tersebut bisa membawa rejeki buat anda klik disni

Artikel lain yang perlu anda baca:
1. Arti mimpi tentang Kucing
 
Top